11/08/2015

4 Penemuan Yang Mengejutkan Dunia

     Yak kali ini kita akan membahas tentang penemuan yang mengejutkan dunia.Berikut penemuannya :

1.PENICILIN
alexander fleming

Penisilin (Penicillin atau PCN) dalah sebuah kelompok antibiotika Beta-laktam yang digunakan dalam penyembuhan penyakit infeksi karena bakteri, biasanya berjenis Gram positif. Penemuan Penislin selalu dikaitkan dengan ilmuwan Skotlandia, Alexander Fleming pada 1929. Peristiwa penemuan Fleming ini didapat secara tidak sengaja. Saat itu ia liburan dua minggu dan meninggalkan bakteri Staphylococcus di piringan kultur. Ketika Fleming kembali, ia melihat adanya jamur aneh pada piringan kultur (culture plate), jamur tersebut telah mematikan bakteri di sekitarnya.
Fleming menyimpulkan bahwa fenomena tersebut dikarenakan sebuah subtansi penghambat pertumbuhan dan menghancurkan bakteri. Ia kemudian menumbuhkan sebuah kultur murni dan menemukan Penicillium yang kemudian dikenal sebagai Penicillium chrysogenum. Fleming memberikan istilah “Penisilin” untuk menggambarkan hasil filtrasi dari kultur mikrobiologis Penicillium.
Saat Perang Dunia II, Penisilin berjasa dalam menekan jumlah kematian akibat infeksi yang disebabkan luka terbuka yang tak mendapat perawatan, yang dalam situasi serupa dapat menimbulkan gangren bahkan kematian, menyelamatkan 12-15% nyawa.

2.GELOMBANG RADIASI KOSMIK

bigbang

Pada tahun 1948, Ralph Alpher dan Robert Herman mempublikasikan teori ilmiahnya bahwa alam semesta tercipta oleh Big Bang “Hari ini kita akan melihat cahaya-cahaya yang dilepaskan ketika atom pertama kali dibentuk, pada saat alam semesta berumur 300.000 tahun. Karena alam semesta telah berkembang selama miliaran tahun, cahaya dikalkulasikan dengan faktor 1.000, yang dideteksi sebagai gelombang mikro.”
Pada tahun 1964, Arno Penzias dan Robert Wilson secara tidak sengaja menemukan radiasi latar belakang kosmis ketika mereka sedang melakukan pemantau diagnostik menggunakan penerima gelombang mikro yang dimiliki oleh Laboratorium Bell. Penemuan mereka memberikan konfirmasi yang substansial mengenai prediksi radiasi latar bahwa radiasi ini bersifat isotropis dan konsisten dengan spektrum benda hitam pada 3 derajat K. Penzias dan Wilson kemudian dianugerahi penghargaan Nobel atas penemuan mereka.

3.METAMATERIAL

metamaterial
Penemuan ini dilakukan oleh Profesor Martin McCall dan Imperial College, London. Metamaterial yang dibuat dikatakan bisa "mengaduk" aliran energi elektromagnetik. cahaya yang melewati metamaterial tersebut akan terhambur secara tidak merata, membentuk gap antara ruang dan waktu.


4.OPERASI BEDAH

AL ZAHRAWI
 Sekitar tahun 1000, seorang dokter Al Zahrawi mempublikasikan 1500halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang digunakan diEropa sebagai referensi medis selama lebih dari 500 tahun. Diantara banyakpenemu, Zahrawi yang menggunakan larutan usus kucing menjadi benangjahitan, sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan padaluka. Dia juga yang dilaporkan melakukan operasi caesar dan menciptakansepasang alat jepit pembedahan.


ALAT ALAT CIPTAANNYA
 









































0 komentar:

Posting Komentar

 

MU'ALLIMIIN SCIENTIFIC COMMUNITY Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger